Rabu, 09 Maret 2011

SEJARAH PENGEMBANGAN JAVA

Bahasa Java mulai dikenalkan pada tahun 1991 ketika Sun Microsystems memulai proyek penelitian yang diberi nama kode Green. Proyek ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem yang memungkinkan komputer berperan dalam peralatan rumah tangga.

Lalu Sun memfokuskan proyek mereka pada peralatan untuk TV kabel yang disebut set-top box. Tujuannya adalah agar pemirsa TV dapat berinteraksi dengan industri.

Untuk meralisasikan proyek ini, mereka merencanakan untuk membangun sebuah sistem informasi yang dibangun dengan bahasa C++. Kemudian James Gosling merasa tidak puas dengan bahasa C++, lalu ia memutuskan untuk membuat bahasa pemrogaman sendiri yang ia beri nama Oak, oak lebih sederhana dari C++, lebih stabil, lebih mendukung network progamming. Oak merupakan murni obyek oriented.

Dua tahun berikutnya sampai tahun 1994, proyek bisins green mengalami kegagalan, menyusul penolakan pasar terhadap ide TV interaktif. Selanjutnya, Sun mengalami kegagalan pada impian peralatan cerdasnya, melihat celah lain dunia web. Bahasa Oak yang dibuat sebagai bahasa multiflatform serta diajukan untuk pemrogaman interaktif dan ditributed, yang cocok digunakan dalam dunia web, yang waktu itu mulai tumbuh pesat.

Pada tahun 1995, nama Oak lalu diganti karena ada produk lain yaitu diganti dengan nama Java. Nama Java ini sama sekali tidak di dasarkan atas kedekatan mereka dengan Indonesia atau pulau Jawa, tetapi di kerenakan oleh para pekerja Sun sebagai nama jenis kopi. Bersamaan dengan lahirnya Java, Sun juga mengganti nama web browser menjadi HotJava.

Pada pertengahan tahun 1995, netscape mengumumkan mengadopsi Java di dalam browser mereka, kemudian Java secara de facto menjadi bahasa standar di dunia maya internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

chatme


ShoutMix chat widget